Yuk Kenali 6 Penyebab Sakit Pinggang Yang Wajib Anda Tahu

  • Whatsapp
Foto: Canva.com pro

Low back pain adalah sakit pada punggung bagian bawah yang sering disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya cedera seperti keseleo otot atau ketegangan akibat gerakan-gerakan yang tiba-tiba atau mekanisme tubuh yang buruk saat mengangkat beban.

Namun, penyebab sakit pinggang sebelah kiri, kanan atau bawah juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya. Berikut penjelasannya.

Read More

Penyebab Sakit Pada Pinggang

1. Duduk Terlalu Lama

Akibat duduk terlalu lama dapat menyebabkan sakit pada pinggang belakang. Hal itu dikarenakan posisi duduk tersebut menekan otot punggung, tulang belakang dan leher sehingga ketika posisi duduk semakin membungkuk maka akan membuat pinggang belakang semakin sakit. Jika anda terus-menerus duduk dengan posisi yang salah dalam durasi yang lama maka besar kemungkinan untuk anda terserang penyakit ini.

2. Memilih Makanan Yang Salah

Kesalahan dalam memilih makanan juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya sakit pada bagian pinggang dan peradangan. Tubuh anda membutuhkan protein tanpa lemak, buah-buahan, biji-bijian dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Pastikan agar tubuh anda selalu mendapat asupan nutrisi yang cukup seperti kalsium, vitamin D, dan fosfor.

3. Lekukan Tulang Belakang Yang Tidak Normal

Penyebab sakit pinggang selanjutnya bisa juga disebabkan oleh lekukan tulang belakang yang tidak normal. Kyphosis, skoliosis dan lordosis merupakan kondisi yang menyebabkan kelengkungan tulang belakang menjadi tidak normal. Biasanya kondisi tersebut adalah bawaan yang didiagnosis pada masa kanak-kanak atau remaja. Kelengkungan yang abnormal menyebabkan rasa sakit yang cukup serius karena terjadi penekanan pada otot, ligamen, dan tendon.

4. Salah Posisi Tidur

Hal lain yang menjadi penyebab munculnya rasa sakit pada pinggang adalah posisi tidur yang salah yang sering terjadi tanpa disadari. Posisi tidur yang salah memicu munculnya gangguan pada pinggang, oleh sebab itu penting bagi anda untuk selalu mengambil posisi tidur yang nyaman dan benar. Sakit pinggang bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia, namun yang biasanya sering mengalami sakit pada bagian pinggang adalah orang yang berusia lanjut.

5. Otot Tegang

Kondisi otot yang tegang bisa menjadi salah satu penyebab sakit pinggang yang anda rasakan. Ketika tubuh melakukan gerakan yang tidak biasa dilakukan maka ketegangan otot mungkin bisa terjadi karena tertariknya ligamen. Kondisi tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya seperti posisi duduk atau berdiri yang kurang tepat, tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga, dan posisi membungkuk saat mengangkat beban.

6. Kehamilan

Sakit pada pinggang juga biasa dirasakan oleh wanita yang sedang hamil. Beberapa wanita mungkin mengalami rasa sakit pada usia kehamilan yang menginjak 8 minggu. Akan tetapi kemungkinan besar akan menjadi masalah saat usia kandungan sudah memasuki kelima atau ketujuh. Hal itu dikarenakan kehamilan dapat menyebabkan ketegangan pada otot punggung bagian bawah sehingga menjadi pemicu munculnya rasa sakit pada pinggang.

Setelah tidur dalam durasi waktu yang lama, sakit pinggang ini bisa menjadi lebih buruk di pagi hari karena menyebabkan kekakuan yang berkepanjangan dan otot tegang. Tak heran jika penderita sakit pinggang umumnya adalah wanita karena kehamilan menjadi salah satu penyebab sakit pinggang. Cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit tersebut adalah dengan meregangkan dan berdiri sambil menghentakkan kaki atau memutar kaki agar tidak tegang.

Dokter biasanya kan meninjau riwayat gejala medis seseorang dengan melakukan pemeriksaan fisik. Kondisi lain yang dapat memicu munculnya gangguan pada pinggang adalah masalah ginjal, kandung kemih, kista ovarium, fibroid rahim dan kanker. Jika anda mengalami rasa sakit pada pinggang yang berkepanjangan, sebaiknya anda langsung melakukan konsultasi dan periksa ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *