Gaya Hidup

Sudah Tahu Efek Begadang Jangka Panjang? Cek Disini Penjelasannya

sudah-tahu-efek-begadang-jangka-panjang-cek-disini-penjelasannya

Tak sedikit orang yang menyukai beraktivitas di malam hari, mulai dari menonton film hingga berkumpul bersama rekan rekan di cafe. Hal ini tentu saja akan membuat seseorang menjadi begadang dan baru beranjak tidur pada waktu dini atau pagi hari. Kemudian bagaimana dampak dari begadang bagi tubuh? Berikut ini simak efek begadang dalam jangka panjang yang dapat terjadi pada tubuh seseorang.

Efek Terlalu Sering Begadang Jangka Panjang

1. Membuat Kadar Gula Darah Naik

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kegiatan begadang memiliki beragam dampak di baliknya. Salah satunya adalah dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh seseorang akan menjadi naik. Bahkan jika sudah dalam keadaan yang kronis atau parah, maka kadar gula darah tinggi dan hiperglikemia dapat menimbulkan penyakit lainnya. Misalnya adalah penyakit yang membuat kerusakan pada organ ginjal dan juga kardiovaskular pada seseorang.

2. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Selain dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, kegiatan begadang juga memiliki dampak lain yang tidak boleh luput dari perhatian. Dampak ini adalah dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Bahkan diketahui terdapat sebuah studi mengenai hal ini yang menunjukkan hasil cukup mencengangkan. Hasil tersebut berupa meningkatkan risiko penyakit jantung sebanyak 11% untuk setiap 1 jam tidur yang berkurang.

3. Menimbulkan Kenaikan Berat Badan

Efek begadang yang tidak boleh dianggap remeh selanjutnya adalah dapat menimbulkan kenaikan pada berat badan seseorang. Tak dapat dipungkiri bahwa kebiasaan ini dapat membuat seseorang makan atau melahap camilan di malam hari. Hal ini juga akan menimbulkan masalah pada metabolisme tubuh. Kemampuan tubuh dalam melakukan proses pembakaran lemak juga turut terganggu akibat kebiasaan begadang yang dilakukan.

Terdapat beragam dampak negatif dari aktivitas begadang yang terlalu sering dilakukan. Misalnya adalah membuat kadar gula darah menjadi naik dan juga meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Aktivitas begadang di malam hari juga dapat menimbulkan kenaikan berat badan pada tubuh seseorang. Ketiga dampak yang ada tentu saja tidak bisa dianggap remah begitu saja karena akan merugikan orang yang mengalaminya.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close