Perhatikan Hal Ini Sebelum Miliki Polis Asuransi Jiwa

  • Whatsapp

Setiap keluarga bisa dipastikan membutuhkan asuransi jiwa. Apalagi, bagi Anda yang menjadi tulang punggung atau pencari nafkah dalam suatu keluarga. Maka, asuransi jiwa yang bisa dibeli untuk memberikan proteksi pada anggota keluarga Anda jika sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Read More

Dengan adanya asuransi, maka diharapkan nantinya kehidupan keluarga Anda bisa terjamin karena sebelumnya Anda sudah mempersiapkan asuransi jiwa untuk keluarga. Namun, pastikan jika Anda memilih premi asuransi jiwa yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Jangan sampai karena di luar kemampuan dan Anda tetap memaksakannya, dikhawatirkan nanti mala dalam proses pembayaran akan terhambat. Ini tentunya akan sangat mengganggu bahkan membuat polis asuransi jiwa Anda gugur sebelum jatuh tempo.

Untuk menghindari adanya kesalahan, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memiliki polis asuransi jiwa tersebut, di antaranya:

1. Memahami dengan baik isi dari polis asuransi

Manfaatkan waktu yang tersedia untuk memahami isi dari polis asuransi yang akan Anda miliki. Biasanya, waktu yang diberikan adalah sekitar 14 hari. Jika selama membaca polis tersebut ada hal-hal yang memberatkan Anda, maka Anda berhak untuk membatalkan pembeliannya. Bahkan, premi asuransi yang sudah dibayarkan juga akan dikembalikan pada Anda tanpa adanya potongan. Pahami secara mendetail agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

2. Data tentang pemegang polis dan tertanggung

Seperti diketahui, polis asuransi merupakan salah satu dokumen penting yang wajib ada saat membeli asuransi. Untuk itu, pastikan di awal bahwa Anda sudah melakukan pengisian data secara benar. Dengan begitu, akan mempermudah Anda saat sedang melakukan pengurusan asuransi seperti pengajuan klaim. Jika ada kesalahan pengisian, maka Anda sendiri yang akan kesulitan mengurusnya.

3. Manfaat perlindungan asuransi

Anda juga harus memastikan bahwa manfaat yang disediakan asuransi sudah sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda tentunya bisa terhindar dari berbagai kerugian yang muncul setelah mendaftar asuransi tersebut. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah seperti besarnya uang pertanggungan, jangka waktu pertanggungan, prosedur pengajuan klaim, dan lain sebagainya.

4. Ketentuan tentang premi asuransi

Asuransi yang Anda beli tentunya tidak terlepas dari urusan premi. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk bisa memahaminya secara detail. Pasalnya, setiap perusahaan asuransi biasanya menerapkan prosedur yang berbeda-beda terkait premi ini. Untuk itu, jangan sampai menyepelekannya. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan misalnya jumlah premi yang harus dibayarkan dan jangka waktunya. Kemudian, prosedur terkait keterlambatan pembayaran premi, lalu bagaimana cara memulihkan polis yang sudah tidak aktif.

5. Ketentuan pengecualian

Ketentuan-ketentuan inilah yang nantinya bisa membuat klaim mengalami penolakan oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan. Misalnya saja, asuransi jiwa bisa dinyatakan gagal jika tertanggung meninggal dunia akibat beberapa hal seperti bunuh diri, eksekusi mati, melakukan aksi kejahatan, maupun kecelakaan.

6. Ketentuan pemotongan biaya

Ketentuan akan biaya pada asuransi jiwa sudah seharusnya Anda pahami sejak awal. Biasanya, ada beberapa biaya yang harus Anda perhatikan, terutama saat membeli asuransi jiwa unit link seperti biaya pemeliharaan, pertanggungan dasar, perubahan alokasi dana investasi, administrasi bulanan, dan pengelolaan dana setiap tahunnya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memiliki polis asuransi jiwa. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari berbagai kesalahan maupun kerugian saat sudah memilikinya nanti.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *