Pahami 4 Strategi Mengirim Barang ke Luar Negeri

  • Whatsapp

jasa ekspor barang

Mengirim barang ke luar negeri menjadi kegiatan yang cukup ‘sulit’ karena ada berbagai kebijakan dan aturan yang harus dipenuhi. Ditambah setiap negara memiliki kebijakan atau aturan berbeda-beda. Jika Anda baru pertama kali mengirim barang ke luar negeri, jauh lebih baik untuk meminta bantuan jasa ekspor barang yang siap mempermudah proses pengiriman tersebut.

Read More

Apalagi bila barang memiliki nilai tinggi dan ingin memastikan barang itu benar-benar sampai di tempat tujuan. Berbeda dengan pengiriman dalam negeri, Anda membutuhkan strategi dalam mengirim barang ke luar negeri. Sebab, banyak masalah seputar pengiriman barang yang tidak memenuhi standar atau pun aturan, sehingga mendatangkan banyak kerugian.

Kiat Aman Kirim Barang ke Luar Negeri

Terdapat beberapa cara dasar untuk kirim barang ke luar negeri agar lebih aman, yaitu:

1. Mengatur Proses Pengiriman

Bagi sebagian orang, mengirim dan melakukan ekspor barang ke luar negeri, khususnya ke negara-negara yang memiliki risiko lebih besar, pengaturan dalam proses pengiriman sangat penting. Langkah mengatur ini nantinya akan sangat berperan menjadi alur pengiriman. Dimulai dengan memahami barang seperti apa yang boleh dikirim melalui jasa ekspor barang disertai pemahaman seputar kebijakan.

2. Cari Tahu Aturan Ekspor Barang

Strategi berikutnya ialah mencari tahu lebih banyak seputar aturan dan kebijakan yang berlaku. Baik bagi negara asal, maupun negara tujuan. Terkadang ada peraturan yang di negara asalah diperbolehkan, tetapi di negara tujuan dilarang. Contohnya dalam hal pengiriman produk makanan.

Di beberapa negara lebih selektif untuk membiarkan produk makanan dan obat-obatan bisa masuk ke dalam negaranya. Selain itu Anda perlu juga mencari informasi lebih banyak seputar pajak pengiriman. Aturlah agar pajak yang harus dibayar tidak terlalu mahal.

3. Perhitungan Rincian Biayanya

Sebagian besar pengiriman barang terkesan mahal karena Anda sendiri belum menghitung atau membuat perhitungan mengenai rincian biaya pengiriman. Di setiap pengiriman ke luar negeri akan ada biaya pajak atas nilai barang. Ditambah layanan jasa sangat banyak dan beragam. Layanan dan fasilitas yang ditawarkan pun berbeda-beda.

Umumnya semakin mahal biaya kirim, semakin cepat pula barang kiriman sampai di tempat tujuan. Hanya saja Anda perlu lebih teliti lagi dan tentu harus memantau kondisi saat ini. Misalnya memperhatikan waktu dan season khusus saat melakukan pengiriman.

4. Jujur dalam Bertransaksi

Memang bagi sebagian orang, mengisi data atau formulir ketika mengirim barang ke luar negeri sengaja dibuat lebih sederhana untuk menghindari sejumlah risiko, misalnya barang tertahan, atau pun terkena biaya pajak tinggi, tetapi hal tersebut tidak disarankan. Usahakan jujur saat bertransaksi mengirim barang yang malah akan memperlancar pengiriman dan jauh dari terkena masalah ekspor.

Gunakan jasa ekspor barang untuk mempermudah kegiatan pengiriman barang Anda. Harga terhitung lebih terjangkau dengan layanan yang lebih memuaskan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *